• Hari ini : Sabtu, 20 Januari 2018

Wabup Tapin Buka TMMD ke 97 dI Tambarangan

WABUP TAPIN - H Sufian Noor di dampingi Dandim 1010 Rantau Letkol Inf. Bambang Iswandaru saat melakukan peninjauan dan pemantauan langsung dilokasi pembuatan jalan yang merupakan salah satu program kegiatan TMMD ke 97 Tahun 2016. (KP/H Basri)
WABUP TAPIN – H Sufian Noor di dampingi Dandim 1010 Rantau Letkol Inf. Bambang Iswandaru saat melakukan peninjauan dan pemantauan langsung dilokasi pembuatan jalan yang merupakan salah satu program kegiatan TMMD ke 97 Tahun 2016. (KP/H Basri)

Rantau, KP – Wakil bupati (Wabup) Tapin Ir. H. Sufian Noor MP buka Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 97 tahun 2016 di kecamatan Tapin Selatan kabupaten Tapin.

Pembukaan TMMD ke 97 berlangsung Selasa (20/9) kemarin di lapangan sepak bBola Tuans Muda Tambarangan kecamatan Tapin Selatan kabupaten Tapin, dan bertindak sebagai inspektur upacara wakil bupati Tapin H Sufian Noor dan komandan upacara Kapten Kav. Zainal Aripin dari kodim 1010 Rantau.

Sementara Dandim 1010 Rantau Letkol Inf. Bambang Iswandaru melaporkan rencana kegiatan selama TMMD dilaksanakan yaitu antara lain pembuatan ruas jalan di desa Tatakan kecamatan Tapin Selatan dan berlangsung selama satu bulan kedepan.

Dalam kesempatan itu wakil bupati Tapin juga memeriksa pasukan peserta apel pembukaan TMMD ke 97 tahun 2016 dengan didampingi komandan upacara.

Dalam arahannya wakil bupati Tapin menyambut baik dan  menyampaikan apresiasinya yang  tinggi terhadapprogram TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang  merupakan kelanjutan dari program TNI terdahulu yang di kenal dengan sebutan ABRI masukdesa.

“Program ini dimulai sejak tahun 1980 dan dilaksanakan secara terpadu oleh ABRI/TNI dan bekerjasama dengan instansi/lembaga terkaitdan juga masyarakat,  Program TMMD yang sudah berjalan selama puluhantahun dan hasil kegiatan semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakatdan  sampai saat ini masih sangat dibutuhkan oleh masyarakat, sehingga keberadan TNI untuk membangun sarana prasarana serta infrastrukturdiwilayah yang masih membutuhkan masing sangat relevan.” Ungkapnya.

Dikatakannya pula bahwa dalam konteks kepentingan akselerasi pembangunan program TMMD dapatdinilai sebagai suatu trobosan yang efektif, efisien dan produktifseirama dengan tekad pemerintah untuk memacu kreatifitas dan prakarsamasyarakat dalam pembangunan, maka pendekatan TMMD tersebut sungguhsangat relevan dan sekaligus membantu pemerintah untukmengimplementasikan pemberdayaan masyarakat dalam pembangunan di daerah.

“Tujuan diselenggarakan TMMD adalah membantu pemerintah dalammeningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan bersifatfisik maupun non fisik dan memantapkan emangunggalan TNI –rakyat.” Tandasnya.

“Adapun sasaran yang ingin dicapai dari TMMD ini  meliputi tumbuhberkembangnya kesamaan visi dan misi antar aparatur pemerintah danpara pembina kemasyarakatan secara terpadu dan melembaga dalammemperdayakan masyarakat dan lingkungannya  semakin meningkatnyakesejahteraan dan kehidupan sosial masyarakat  semakin meningkatnyakesadaran masyarakat dalam kehidupan berbangsa  tumbuhnya semangatkebersamaan, gotong royong dan rasa kekeluargaan serta partisipasiaktif masyarakat dalam membangun daerahnya sehingga terciptanya jiwapersatuan dan kesatuan yang kokoh, kuat serta terwujudnya kemanunggalan TNI-rakyat.” Pungkasnya.

Dan usai upacara pembukaan, wakil bupati Tapin bersama Dandim 1010 Rantau serta sejumlah undangan lainnya langsung bertolak untuk melihat dan meninjau langsung lokasi pembuatan ruas jalan di desa Tatakan kecamatan Tapin Selatan yang merupakan salah satu program kegiatan TMMD ke 97 tahun 2016. (ari/K-6)

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua