• Hari ini : Kamis, 19 Juli 2018

Wagub Buka PEDA XI KTNA di Kanamit Jaya

SK - Wakil Gubenur Kalimantan Tengah Habib Ismail saat memberikan surat keputusan struktur keanggotaan kepengurusan KTNA Propinsi Kalimantan Tengah. (KP/Sugito)
SK – Wakil Gubenur Kalimantan Tengah Habib Ismail saat memberikan surat keputusan struktur keanggotaan kepengurusan KTNA Propinsi Kalimantan Tengah. (KP/Sugito)

Pulang Pisau, KP – Wakil Gubenur Kalimantan Tengah Habib Ismal secara resmi membuka kegiatan Pekan Daerah (PEDA) ke XI Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) di Desa Kanamit Jaya Kecamatan Maliku Kabupaten Pulang Pisau, Selasa (25/7).

Dalam sambutanya Gubenur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran yang dibacakan Wakil Gubenur Habib Ismail memberikan aprisiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau dan seluruh masyarakat atas suksesnya pelaksanaan PEDA XI KTNA tingkat Provinsi Kalimantan Tengah yang di pusatkan di Desa Kanamit Jaya Kecamatan Maliku Kabupaten Pulang Pisau.

Melalui pelaksanaan PEDA XI KTNA Kalteng 2016 kata Wagub, kita galang kebersamaan dalam mensukseskan swasembada pangan menuju Kalteng Berkah.

“KTNA merupakan wadah atau organisasi profesi  kelompok-kelompok tani nelayan andalah yang beranggotakan tokoh-tokoh dari suatu wilayah sebagai wadah berkumpulnya petani terpilih yang mewakili kelompok tani nelayan dan dalam misinya memberdayakan petani nelayan andalan untuk membangun kemandirian serta meningkatkan kemampuan kewirausahaan tani dalam mengembangkan potensi ekonomi kemandirian dan pengembangan serta pemberdayaan pertanian,’’ kata wagub.

Lebih lanjut disampaikan, KTNA sebagai mitra pemerintah daerah diharapkan menjadi pelopor dan dapat memperjuangkan kemajuan dan peningkatan hasil pertanian dan menumbuhkembangkan minat anak muda pada bidang pertanian secara luas dan mampu mencarikan solusi pagi para petani dalam menghadapi tantangan global yang semakin kompetitif.

Sementara Bupati Pulang Pisau H Edy Pratowo dalam sambutannya menyampaikan bahwa kontingen yang mengikuti Pekan Daerah (PEDA) XI Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) di Kabupaten Pulang Pisau diikuti oleh 13 Kabuapten/ Kota yakni dari kontingen Kotawaringin Barat dengan jumlah peserta 114 orang, Kabupaten Kapuas mengirimkan 150 orang.

Gunung Mas berjumlah 69 orang, Barito Selatan 54 orang, Kotawaringin Timur 50 orang, Kabupaten Sukamara 52 orang, Lamandau jumlah peserta 49 orang, Kota Palangka Raya 30 orang, Katingan 26 orang. Seruyan 58 orang, Barito Timur 50 orang, Murung Raya 36 orang Barito Utara 62 orang dan kontingen Kabupaten Pulang Pisau yang merupakan tuan rumah mengirimkan peserta berjumlah 195 orang.

Lebih lanjut disampaikan Edy Pratowo, PEDA XI KTNA merupakan salah satu pelaksanaan dari sistem atau metode penyuluhan andalan. PEDA KTNA merupakan salah satu momentum yang sangat strategis, dimana berkumpulnya ribuan tokoh dari kelompok tani nelayan andalan se Kalimantan Tengah.

“Kita harapkan, kesempatan ini yang merupakan forum akbar para pelaku utama dan pelaku usaha dapat digunakan untuk saling berkomunikasi, berkreasi dan berinteraksi sehingga terjalin kemitraan agribisnis badi pelaku utama dan pelaku usaha,’’ tandasnya. (SGT/K-8)

Tag:
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua