• Hari ini : Selasa, 16 Oktober 2018

Wakil Walikota : Stop Penggunaan Bahan Pengawet di Makanan

SIDAK PANGAN — Guna menghadapi Hari Raya Idul Adha Wakil Walikota Banjarmasin Hermansyah bersama Balai POMm dan Bagian Perekonomian Pemko Banjarmasin  melakukan pemantauan kepada para pedagang dan sidak harga yang normal dan tampak kegiatan sidak, Selasa (6/9).
SIDAK PANGAN — Guna menghadapi Hari Raya Idul Adha Wakil Walikota Banjarmasin Hermansyah bersama Balai POMm dan Bagian Perekonomian Pemko Banjarmasin melakukan pemantauan kepada para pedagang dan sidak harga yang normal dan tampak kegiatan sidak, Selasa (6/9).

Banjarmasin, KP – Wakil Walikota Bajarmasin Hermansyah bersama Balai POM dan Bagian Perekonomian Pemko Banjarmasin saat melakukan pemantauan, para pedagang ayam hingga makanan dan minuman diperingatkan supaya tak menggunakan zat berbahaya dalam mengolah jualannya, namun masih saja ada yang nakal.

Bahkan dari sampel yang diteliti bersama-sama jajaran Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, ternyata menemukan satu hasil makanan masih mengguakan bahan pengawat jenis Abomin yang dijual bebas di pasaran dan kue yang mengandung boraks.

Padahal boraks tersebut dicampur di bahan tepung pembuat agar menghasilkan krispy yang renyah.

“Itu tentunya sangat membahayakan. Sekarang kita masih mengklarifikasi apakah pedagang tersebut sengaja menambahkannya atau tidak,’’ kata Politisi PDIP Kalsel Hermansyah usai sidak ke Pasar Sentra Antasari dan  penjual makanan, Selasa (6/9).

Sementara untuk zat berbahaya lainnya, seperti zat pewarna pakaian, ujar Hermansyah menambahkan, Alhamdulilah belum ada ditemukan. Dia juga memberikan tips agar konsumen tidak tertipu dengan olahan makanan yang mengandung zat berbahaya, seperti pewarna.

Wakil Walikota juga meminta petugas untuk terus melakukan pembinaan terhadap pedagang tersebut.

Sebagai kota yang diberi penghargaan oleh Kepala BPOM Pusat karena telah berhasil melakukan pembinaan terhadap para pedagang untuk tidak menjual makanan mengandung zat berbahaya, 1 temuan dari 164 stand cukup bagus. (vin/K-5)

Tag:,
loading...
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua