• Hari ini : Minggu, 21 Januari 2018

Walikota Ikut “Babarasih Sungai Kemuning”

hal-14-foto-2-2-klm-tinggi-6-cm0-jpg

Banjarbaru, KP – Walikota Nadjmi Adhani didampingi Ketua TP PKK Hj Ririen Kartika mengikuti kegiatan “Babarasih Sungai Kemuning”, Sabtu (8/10).

Hadir Ketua DPRD AR Iwansyah, Wakil Walikota Darmawan Jaya Setiawan, Plt Sekdako Said Abdullah, camat, lLurah, para kepala SKDP, TNI/Polri, para pecinta lingkungan, masyarakat, mahasiswa dan pelajar sekolah adiwiyata, di Fasum Guntung Paikat Jalan Rambai Barat.

Walikota Nadjmi Adhani mengatakan, kegiatan membersihkan sungai kemuning ini merupakan bagian dari program kali bersih dan program kerja nasional yang berdasarkan Keputusan Menteri Lingkungan Hidup 35/1995.

“Ada tiga hal utama diharap dari program ini, yakni tercapainya kualitas air sungai yang baik, sehingga dapat meningkatkan fungsinya menunjang pembangunan berkelanjutan, lalu terciptanya sistem kelembagaan yang mampu melaksanakan pengendalian pencemaran air secara efektif dan efisien serta terwujudnya kesadaran dan tanggung jawab masyarakat dalam pengendalian pencemaran air,’’ tandasnya.

Namun, sambungnya, tentu saja kesuksesan pelaksanaan program ini sangat tergantung dari keaktifan bersama serta tingkat partisipasi masyarakat menyukseskannya.

Karena sungai merupakan sumber air yang memegang peranan penting bagi masyarakat dan industri.

“Apalagi pemanfaatan sumber air di Kota Banjarbaru saat ini semakin meningkat seiring pertumbuhan penduduk, ekonomi, industri dan kegiatan lainnya,’’ tandasnya.

Permasalahan terjadi saat ini, lanjutnya, adalah kelestarian perairan sungai telah terancam oleh penurunan kualitas airnya. Hal ini dapat dilihat dari tingkat kekeruhan, bau busuk yang tercium dan juga kehitaman air.

“Sementara kebutuhan air bersih untuk berbagai keperluan cenderung meningkat dari tahun ke tahun, seiring dengan peningkatan jumlah dan kepadatan penduduk serta peningkatan kesejahteraan dan peningkatan pembangunan sektor ekonomi,’’ tandasnya. (wan/K-5)

Tag:,
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua