• Hari ini : Kamis, 18 Januari 2018

Warga Gohong Komitmen Dukung Program BLTB

Helmut Son Omo salah satu petani Desa Gohong
Helmut Son Omo salah satu petani Desa Gohong

Pulang Pisau, KP – Masyarakat Desa Gohong Kecamatan Kahayan Hilir Kabupaten Pulang Pisau mendukung program Buka Lahan Tanpa Bakar (BLTB) yang dicanangkan pemerintah dalam rangka mencegah terjadinya kebakaran hutan, lahan dan pekarangan (Karhutla) di Kabupaten Pulang Pisau.

“Kami sangat mendukung program yang telah dicanangkan pemerintah, yakni Buka Lahan Tanpa Bakar,’’ kata salah satu petani asal Desa Gohong Helmut Son Omo saat di wewancarai Kp beberapa watu tadi.

Menurut Helmot Son, sosialisasi larangan membuka lahan dengan cara membakar ini sudah sering didapat, baik dari aparat kepolisian maupun pemerintah desa setempat.

Bahkan dari sosialisasi yang diberikan kata Helmot Son, dirinya dapat mengerti dan memahami dampak dan akibat bahaya yang ditimbulkan dari kebakaran hutan lahan dan pekarangan. Selain mengganggu kesehatan, dampak lain yang yang ditimbulkan juga menggangu aktifitas belajar mengajar, pekerjaan, tranportasi udara dan lainnya.

“Kita tahu, bencana kebakaran tahun 2015 lalu, aktifitas belajar mengajar jadi terganngu dan asap tebal menggangu kesehatan bagi kita,’’ katanya.

Lebih lanjut diungkapkan, meski larangan membuka lahan dengan cara membakar telah di berlakukan, dirinya berharap agar pemerintah memperhatikan dan mencarikan sosulinya apa yang menjadi keluhan warga dalam melaksanakan program buka lahan tanpa bakar.

Sebab lanjut Helmot Son, pola tanam dengan sistim BLTB ini tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Itu yang menjadi keluhan warga saat ini adalah dana untuk menggolah sawah untuk ditanami tanaman padi maupun sayuran.

“Ini yang menjadi keluahan warga, sistim BLTB ini membutuhkan dana yang tidak sedikit. Dan kami sangat berharap agar pemerintah dapat membantu  mencarikan solusinya,’’ tandasnya. (SGT/K-8)

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua