• Hari ini : Senin, 23 Juli 2018

WARGA PEDALAMAN BUTUH TEHNOLOGI PERTANIAN

PALANGKA RAYA, KP – Hak itu diungkapkan salah satu petani peladang Timur (57) kepada KP di desa Baruang, dan berharap wakil rakyat dari wilayah itu bisa memperjuangkan pelatihan dan pelaratan yang dibutuhkan. Pasalnya bila musim kemarau lahan kekurangan air dan saat musim hujan kebanjiran.

Untuk itu diperlukan pengetahuan dan ketrampilan khusus para petani agar mereka tidak bergantung dengan alam. Artinya petani perlu alih tehnologi maupun alih musim tanam.

Dijelaskan kebiasan warga pedalaman melakukan musim tanam pada musim Okmar (oktober – maret). Pada musi tersebut khususnya kawasan Daerah Aliran Sungai Ayuh, Kecamatan Gunung Bintang Awai kebanjiran musim hujan. Dan kemarau kekutangan air.

Paling tidak diperlukan bantuan tehnis dan mesin sedot dan seprot air bertani musim krmarau. Selama ini mereka gagal mengilah lahan saat kemarau, dab saat banjir air tengglam gagal panen.

Masalah lain bila memaksa melakukan penanaman sayur maupun padi serangan hama sangat luar biasa, pasalnya bertani hanya sedikit yang mau mengalih kan masa tanam. Dibutuhkan obat dan racun pertanian yang banyak.

Untuk itu membeli bibit, alat pertanian dan obat-obatan kemampuan petani terbatas. Padahal poteni lahan sangat luas dan subur. Dan pemasaran tak masalah.(drt/k-8).

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua