Wawali Evaluasi Perpanjangan HGB di Lahan HPL

ditulis pada 12 Oktober 2017

Foto Ilustrasi. (google)

Banjarmasin, KP – Wakil Walikota Banjarmasin Hermansyah menggelar Rapat Evaluasi terbatas bersama seluruh instansi terkait untuk meninjau kembali Hak Guna Bangun (HGB) yang dikembangkan di atas lahan dengan hak pengelolaan (HPL) milik Pemko Banjarmasin.

“ Pertimbangan evaluasi ini sehubungan 19 aset besar pemerintah dengan status Hak Guna Bangun (HGB) yang dikembangkan di atas lahan dengan hak pengelolaan (HPL) kini sedang disewapakaikan oleh pihak ketiga. Namun beberapa aset tersebut masa berlakunya hampir habis sehingga harus segera dilakukan perpanjangan sewa,’’ ungkap Wakil Walikota Banjarmasin Hermasnyah kepada wartawan, di Banjarmasin, Rabu (11/10).

Kalau dulu, perpanjangan HGB dapat direkomendasikan oleh Pemko Banjarmasin melalui Tata Pemerintahan (Tapem). Namun kini, setelah ada perombakan struktur SKPD menjadi SOPD pada setiap pemerintah daerah, kewenangan tersebut hilang.

“ Termasuk bagian Tapem tidak memiliki kewenangan lagi dalam rekomendasi berkas perpanjangan HGB untuk diajukan ke BPN,’’ papar politisi PDIP Kalsel ini.

Karena itulah, pihaknya dengan tim akan menelusuri lagi bagaimana untuk menindaklanjuti perpanjangan status HBG aset yang hampir habis tersebut, ujar Wakil Walikota Banjarmasin Hermansyah, usai memimpin rapat HBG dilahan HPL.

Hermansyah menjelaskan, beberapa dinas yang memiliki keterkaitan dengan sewa atau bangunan yakni BP2TPM, Kimpraswil, Tapem dan beberapa dinas lain mengaku tidak memiliki kewenangan untuk pengurusan rekomendasi perpanjangan tersebut.

“ Dinas-dinas ini tak berani karena dalam aturan dinas mereka juga tidak memiliki kewenangan,’’ katanya.

Ia juga mengungkapkan, sejak awal tahun sudah cukup banyak yang mengajukan perpanjangan HGB karena hak sewanya hampir habis. Salah satunya gedung Mitra Plaza, dan beberapa aset kecil lainnya.

“ Dengan ini akan dikonsultasikan lagi ke BPN serta pusat, agar dalam pengurusan HGB di Pemko juga tidak salah langkah dan berlarut-larut,’’ demikian mantan anggota DPRD Kalsel tiga periode ini. (vin/K-5)

You must be logged in to post a comment Login

LANGGANAN BERITA Via EMAIL
Update Berita Terbaru Seputar Kalimantan
Kalimantan Post - Asli Koran Banua.