• Hari ini : Kamis, 26 April 2018

Wujudkan Keluarga Sejahtera Lewat Dasawisma

PEMBINAAN - TP PKK Banjarbaru melakukan pembinaan kepada kelompok Dasawisma PKK di Kecamatan Banjarbaru Utara. (Istimewa)
PEMBINAAN – TP PKK Banjarbaru melakukan pembinaan kepada kelompok Dasawisma PKK di Kecamatan Banjarbaru Utara. (Istimewa)

Banjarbaru, KP – TP PKK Kota Banjarbaru melakukan pembinaan kepada kelompok Dasawisma PKK di Kecamatan Banjarbaru Utara, kemarin di Aula Kantor Camat setempat. Kegiatan ini juga dihadiri Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan KB (BPMP KB)  Ir Puspa Kencana.

Ketua TP PKK Hj Ririen Kartika mengatakan, dasawisma menjadi bagian tidak terpisahkan dari PKK, karena merupakan miniatur PKK yang direalisasikan dalam kelompok organisasi bagian yang terdiri dari 10-20 KK dalam satu wilayah RT yang diketuai seorang ketua dengan tujuan membantu TP PKK Kelurahan.

“Kelompok dasawisma memiliki banyak manfaat, baik dibidang pemerintahan maupun pembangunan,’’ tandasnya.

Di bidang pemerintahan, adanya dasawisma penduduk dalam satu lingkungan RT/RW dapat mencatat secara akurat yang memudahkan sensus penduduk. Sedang bidang pembangunan, adanya Musrenbang tingkat desa bisa menjadi kegiatan rutin per 6 bulan guna mencapai pembangunan tepat sasaran.

“Peran dasawisma sebagai unit terkecil PKK diharap menggugah masyarakat agar termotivasi untuk selalu dinamis, mau mengubah keadaan kepada yang lebih maju lagi. PKK bukanlah tempat arisan dan pengajian saja, tetapi wadah pemberdayaan masyarakat, khususnya kaum perempuan,’’ tegasnya.

Menurutnya, peran serta masyarakat harus ditingkatkan, misalnya gotong royong, kader PKK harus menjadi penggerak kegiatan ini. Pembinaan tersebut sangat perlu, karena peran kelompok dasawisma sebagai ujung tombak kegiatan sangat membantu program pemberdayaan keluarga dan pembangunan. (wan/K-5)

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua