• Hari ini : Selasa, 23 Januari 2018

Yatenglie Tinjau Proyek Desa Budaya Betung

Bupati Ahmad Yantenglie saat meninjau jalan di Desa Budaya Betung, Kecamatan Katingan Hilir, Senin (26/9).
Bupati Ahmad Yantenglie saat meninjau jalan di Desa Budaya Betung, Kecamatan Katingan Hilir, Senin (26/9).

Kasongan, KP – Bupati Ahmad Yantenglie bersama sejumlah kepala SKPD mengunjungi sekaligus mengecek sejumlah proyek Desa Budaya Betung di Desa Tumbang Liting, Kecamatan Katingan Hilir, Senin (26/9).

Selain proyek gapura, ia juga meninjau pembangunan proyek jalan yang dikerjakan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) setempat. Bupati Tenglie juga mengecek pembangunan gedung SD di lokasi desa budaya tersebut.

Bupati mengecek pekarangan rumah-rumah penduduk di Dusun Betung ini, terutama melihat berbagai jenis pohon dengan tegakan kayu yang bervariasi, mulai dari kecil, sedang hingga berdiameter besar.

Selain tanaman buah-buahan, seperti durian, ramania (kasturi), langsat, duku dan lainnya, termasuk titian di Sungai Betung.

Menurutnya, sebenarnya lebih lima satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang bakal memasukkan progam di desa budaya Dusun Betung, namun lantaran pemotongan dana DAU tahun anggaran 2016, sehingga hanya tiga SKPD saja yang ikut terlibat, yakni Dinas PU, Dinas Pendidikan dan Dinas Pemuda Olahraga, Budaya dan Pariwisata setempat.

“Dinas PU mengerjakan jalan, Dinas Pendidikan mendirikan bangunan SD, dan Dispor Budpar membuat gapura,’’ kata Bupati Ahmad Yantenglie.

“Nanti untuk rumah-rumah penduduk ini, akan ada proyek bedah rumah khusus yang bangunannya akan disesuaikan dengan Budaya Dayak,’’ tambahnya.

Bupati Tenglie mengakui, Dusun Betung ini sudah memiliki dasar cukup bagus sebagai desa budaya, mengingat semua pekarangan rumah yang ada banyak ditumbuhi pepohonan rindang.

“Coba rasakan bagaimana sejuknya berada di bawah pepohonan ini. Nanti tinggal menata dan melengkapi fasilitas yang dianggap perlu,’’ ungkapnya.

Kepala Desa Tumbang Liting, Didi mengatakan, masyarakat setempat menyambut gembira dengan ditetapkannya sebagai desa budaya ini.

“Harapannya, dengan adanya program Dusun Betung yang ditetapkan sebagai desa budaya ini, secara tidak langsung akan menambah perekonomian warga,’’ katanya.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata, Mido S Mahar menuturkan lokasi Desa Budaya Betung ini cukup mudah dijangkau, karena berada di tepi Jalan Trans Kalimantan wilayah Kasongan, sehingga wisatawan yang akan berkunjung bisa dengan mudah menuju lokasi. (isn/K-8)

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua